Senin, 10 Februari 2014

Macam - macam search egine



TUGAS TIK
MACAM – MACAM SEARCH EGINE
( GOOGLE, YAHOO!, DOGPILE, ALTAVISTA, ASK, LIVE SEARCH )
Description: http://ujianprakteksmp.files.wordpress.com/2012/03/sma1-warna.jpg
DISUSUN OLEH KELOMPOK 3 TIK
XI IPA 7
1.     Adventa Vizca Fauzi ( 2 )
2.     Alfiko Aditya Mainala ( 3 )
3.     Dian Novitasari ( 11 )
4.     Fauziyah Ulfatun Nikmah ( 14 )
5.     Pravita Wahyu Sayekti ( 21 )



BAB I
GOOGLE
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhUnp0kuEZmIuXtlQFJa0f5IhRgUKNLOvaXkEoiAXgMzHa7E_Wuq_1Hh8pa6veGdSwOUflnizDQE-EvqqDXODoMQCw9uK-zogo-VFUZkOltrupp7pTM8MEhSvdIXdAbvKC2R4flUuERJO_j/s1600/tampilan+baru+google+chrome2.jpg
A.   SEJARAH GOOGLE
Google berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford, Larry Page dan Sergey Brin pada awal 1996 yang mengembangkan teori bahwa sebuah mesin pencari yang berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web akan memberikan hasil yang lebih baik daripada dengan menggunakan teknik-teknik pencarian dasar yang digunakan pada saat itu. Sistem ini pada awalnya dinamakan BackRub karena menggunakan backlink untuk memperkirakan seberapa penting sebuah situs.
Yakin bahwa halaman dengan paling banyak link menuju halaman tersebut dari halaman-halaman web relevan lainnya merupakan halaman-halaman yang paling relevan, Page dan Brin memutuskan untuk mencoba tesis mereka sebagai bagian dari studi mereka – ini menjadi fondasi bagi mesin pencari mereka. Mereka secara resmi membentuk perusahaan mereka Google Inc. pada 7 September 1998.
Google menjadi populer di antara pengguna Internet karena desainnya yang sederhana dan ‘bersih’ serta hasil pencariannya yang relevan. Iklan dijual berdasarkan kata kunci (keyword) sehingga mereka menjadi lebih relevan bagi para pengguna, dan iklan-iklan tersebut diharuskan menggunkan teks saja agar desain halaman tetap rapi dan loading halaman tetap cepat. Konsep penjualan iklan berdasarkan kata kunci diawali oleh Overture yang dulunya bernama GoTo.com. Pada saat kebanyakan perusahaan dotcom lainnya bangkrut, Google secara diam-diam semakin memperkuat pengaruhnya dan mendapatkan laba.
Pada September 2001, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika. Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.
Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini tampak tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.
Pada masa puncak kejayaannya pada awal 2004, Google mengurus hampir 80 persen dari seluruh permintaan pencarian di Internet melalui situs webnya dan klien-klien seperti Yahoo!, AOL dan CNN. Share Google turun sejak Yahoo! melepaskan teknologi pencarian Google pada Februari 2004 agar dapat menggunakan hasil pencarian independen mereka.
Kata Google berasal dari kata googol. Kata ini berhasil diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan Edward Kasner, seorang ahli matematika dari AS. Sirotta membuat istilah googol untuk menyebutkan angka satu (1) yang diikuti 100 angka nol (0).
Luar biasa. Googol merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tak pula atom.
Karena itu, penggunaan kata Google merupakan refleksi dari kata googol. Dengan kata tersebut, Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia saiber tempat informasi melimpah tanpa batas.
B.   PRODUK BUATAN GOOGLE
a.       Google Adsense - Suatu jasa penawaran iklan kepada pemilik web, dimana iklan tersebut akan dapat ditampilkan pada halaman web yang relevan dengan kata kunci dari iklan tersebut.
b.      Google Adwords - Suatu jasa pengiklanan oleh Google, dimana iklan yang tampil hanya iklan yang relevan dengan konten dari halaman web. Kebanyakan dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun 2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar $10,492 miliar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya. Google AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.
c.       Google Search - Google dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin pencari di web yang paling sering digunakan dengan pangsa pasar sebanyak 53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%). Google memiliki miliaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk, Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya.
d.      Google Maps - Layanan untuk melihat peta pada aplikasi mobile, dan juga tersedia untuk komputer personal.
e.       Google Earth - Layanan dari Google untuk melihat peta Bumi. Merupakan sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth dianggap sangat akurat dan lebih mendetail. Beberapa kota besar memiliki gambar jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan pejalan kaki dengan jelas. Akibatnya, terdapat beberapa alasan mengenai keterlibatan dalam keamanan nasional. Secara spesifik, beberapa negara dan militer beranggapan perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melihat dengan kejelasan dekat-jelas lokasi fisik infrastruktur yang rusak, bangunan komersial dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun, gambar satelit jarang diperbarui, dan semuanya tersedia gratis melalui produk lainnya dan bahkan sumber pemerintah (NASA dan National Geospatial-Intelligence Agency, sebagai contoh). Beberapa orang menilai argumen ini dengan menyatakan bahwa Google Earth mudah diakses juga saat mencari lokasi.
f.       Google Books - Layanan dari Google untuk melihat dan mencari buku.
g.      Gmail - Pada ahun 2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam isi pesan email yang ditampilkan di layar.
h.      Google Drive - Layanan dari Google untuk menyimpan data, yang terhubung dengan layanan Google Docs.
i.        Google Docs - Laynanan dari Google untuk menyimpan dokumen-dokumen.
j.        Google Chrome - Google juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat dan tampilannya minimalis. Pada September 2008 Google melepaskan kode untuk Google melalui project Chromium, dimana sampai sekarang Google Chrome masih berbasiskan Chromium. Google Chrome dilengkapi dengan fitur keamanan yang baik, dimana Google Chrome akan memperingati pengguna yang mengakses situs yang ada dalam daftar hitam Google. Selain itu, Google Chrome juga membedakan proses yang berjalan pada satu tab dengan proses pada tab lainnya, sehingga meningkatkan kemudahan pengguna, serta meningkatkan reliabilitas dari Google Chrome.
k.      Google Video - Pada awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video, yang tidak hanya membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis, tetapi juga membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan isinya, termasuk acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik. Bulan Agustus 2007, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan program penyewaan dan penjualan videonya dan menawarkan pengembalian uang dan kredit Google Checkout bagi pengguna yang telah membeli video untuk sendiri.
l.        Google Analytics - Sebuah layanan yang berisikan peralatan bagi para webmaster untuk menganalisis pengguna web nya.
m.    Google SMS - Bulan Oktober 2007, layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan pengguna memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan mengirim pesan singkat.


BAB II
YAHOO!
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmr5BnZWxcJodlpJW4fChAy2CJBq5LeP10Y65wpchiYL-Xn7sr4zd7qFeV_Ze7xjqhBvdx1hAZDyoRA8KcVhGmHwWzqFshydKj8QEcWlh3wCAk4uoRupdz5XY1VsyBp908QK1vmjwd79O5/s200/Logo+Baru+Yahoo.jpg
A.   SEJARAH DAN PERKEMBANGAN YAHOO!
Yahoo! Inc. (NASDAQ: YHOO) adalah sebuah perusahaan Internet multinasional yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini terkenal karena portal webnya, serta mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, Yahoo! Answers, situs dan layanan periklanan, peta daring, berbagi video, olahraga fantasi dan media sosialnya. Yahoo! adalah salah satu situs web terbesar di Amerika Serikat. Menurut sumber berita, sekitar 700 juta orang mengunjungi situs-situs Yahoo! setiap bulannya. Yahoo! sendiri mengklaim bahwa mereka berhasil menarik "lebih dari setengah miliar pengunjung setiap bulannya ke situs-situsnya yang memiliki 30 bahasa."
Yahoo! Inc. didirikan oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan dibentuk pada 1 Maret 1995. Pada tanggal 16 Juli 2012, mantan eksekutif Google, Marissa Mayer, ditunjuk sebagai CEO dan Presiden Yahoo!
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.
Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)
Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum. Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan. Pada bulan Juli 2012, Yahoo mendapatkan seorang CEO baru yang merupakan bekas salah satu petinggi saingan mereka, Google, Marissa Mayer.
Pada tanggal 8 Maret 1997, Yahoo mengakuisisi perusahaan komunikasi online Four11. Layanan webmail yang dimiliki oleh Four11, Rocketmail, diubah nama menjadi Yahoo! Mail. Yahoo juga mengakuisi ClassicGames.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Games pada tanggal 13 Maret 1998. Pada tanggal 8 Maret 1998, Yahoo meluncurkan Yahoo Pager, layanan pesan instan yang kemudian berubah nama menjadi Yahoo! Messenger setahun kemudian. Pada tanggal 28 Januari 1999, Yahoo mengakuisisi penyedia web hosting GeoCities. Perusahaan lain yang diakuisisi oleh Yahoo adalah eGroups, yang kemudian menjadi Yahoo! Groups. Akuisisi perusahaan ini terjadi pada tanggal 28 Juni 2000.
Kemudian, untuk meningkatkan layanan pencariannya, Yahoo mengakuisi mesin pencari lainnya pada tahun 2002-an. Pada bulan Desember 2002, Yahoo mengakuisisi Inktomi Corporation. Pada bulan Februari 2005, Yahoo mengakuisi Konfabulator dan mengganti namanya menjadi Yahoo! Widgets, sebuah aplikasi desktop. Pada bulan Juli 2003, Yahoo mengakuisi Overture Services. Inc dan anak perusahaan AltaVista dan AlltheWeb. Pada tanggal 9 Juli 2004, Yahoo mengakuisisi penyedia layanan surat elektronik (email) Oddpost untuk menambah kemampuan Ajax pada Yahoo! Mail yang sudah ada.
Yahoo juga melakukan akuisisi untuk meningkatkan layanannya pada layanan Web 2.0. Yahoo! Launchcast menjadi Yahoo! Music pada 9 Februari 2005. Pada tanggal 20 Maret 2005, Yahoo membeli layanan berbagi foto, Flickr. Pada tanggal 29 Maret 2005, perusahaan ini meluncurkan layanan blogging dan jaringan sosial Yahoo! 360°. Pada bulan Juni 2005, Yahoo mengakuisisi blo.gs, layanan berdasarkan agregasi RSS feed. Yahoo! kemudian membeli kalender acara sosial online Upcoming.org pada 4 Oktober 2005. Yahoo juga mengakuisisi del.icio.us pada tanggal 9 Oktober 2005 dan kemudian toko musik online Webjay pada 9 Januari 2006 yang akhirnya menjadi Yahoo! Music. Pada tanggal 17 Januari 2006, Yahoo mengakuisisi SearchFox, sebuah web mesin pencari, untuk menyempurnakan Yahoo! Search. Pada tanggal 27 September 2006, Yahoo mengakuisisi Jumpcut.com dan mengubahnya menjadi Yahoo! Video. Kemudian, pada tanggal 17 November 2006, Kenet Works pun diakusisi oleh Yahoo untuk membuat Yahoo! Mobile. Pada 29 April 2007 Yahoo mengakusisi Right Media sebuah penyedia jasa link bisnis iklan online, yang kemudian berganti nama menjadi Yahoo! Search Marketing. Pada tanggal 14 September 2007, BuzzTracker pun diakusisi demi menciptakan Yahoo! News. Belum puas dengan layanannya, Yahoo mengakuisi Maven Networks dan Xoopit, masing-masing untuk meningkatkan pelayanan Yahoo! Video dan Yahoo! Mail. Koprol, sebuah jejaring sosial asli Indonesia pun tidak luput dari perhatian Yahoo. Pada tanggal 25 Mei 2010, Koprol diakuisisi oleh Yahoo.
B.   PRODUK LAYANAN YAHOO!
1.      Mode pencarian
Yahoo memiliki sejumlah layanan mode pencarian, antara lain Yahoo! Image, Yahoo! Video, Yahoo! Local, Yahoo! News, dan Yahoo! Shopping Search.
2.      Komunikasi
Yahoo menyediakan layanan internet dalam bidang komunikasi, antara lain Yahoo! Messenger dan Yahoo! Mail. Selain itu, Yahoo juga menawarkan layanan jejaring sosial dan user-generated content seperti My Web, Yahoo! Personals, Yahoo! 360°, Delicious, Flickr, dan Yahoo! Buzz.
3.      Konten
Yahoo! bekerja sama dengan banyak penyedia konten dalam produk seperti Yahoo! Sports, Yahoo! Finance, Yahoo! Music, Yahoo! Movies, Yahoo! News, Yahoo! Answers dan Yahoo! Games untuk menyediakan konten media dan berita. Yahoo juga menyediakan layanan personalisasi, My Yahoo!, yang mana memungkinkan pengguna untuk menggabungkan fitur Yahoo! favorit mereka, isi konten dan informasi ke dalam satu halaman. Pada tangal 31 Maret 2008, Yahoo meluncurkan Shine, sebuah situs yang dirancang untuk wanita usia 25 sampai 54 tahun untuk mereka mencari informasi dan saran secara online.
4.      Mobile
Yahoo! Mobile menawarkan layanan on-the-go messaging, seperti email, instant messaging, dan mobile blogging; layanan informasi, pencarian dan pengingat, hiburan, nada dering, dan Yahoo! Foto untuk ponsel berkamera.
Yahoo juga memperkenalkan sistem pencarian, yang disebut oneSearch pada tanggal 20 Maret 2007, yang dikembangkan khusus untuk ponsel. Yahoo menyatakan bahwa layanannya ini berbeda dari pencarian Web biasa, karena menyajikan daftar informasi aktual, yang mencakup: headline berita, gambar dari situs foto Yahoo! Flickr, daftar bisnis, cuaca lokal dan link-link ke situs lainnya. Untuk memulai penggunaan layanan ini.
Yahoo oneSearch memerlukan kode pos atau nama kota di mana pengguna berada agar bisa memberikan hasil pencarian lokal. Hasil pencarian tercantum pada halaman tunggal dan disusun berdasarkan prioritas ke dalam kategori-kategori. Daftar hasil didasarkan pada hasil perhitungan Yahoo atas informasi tertentu yang dicari oleh pengguna. Untuk layanan oneSearch ini, Yahoo menggunakan layanan mobile content transcoding Navarra.
5.      Perdagangan
Yahoo! menawarkan layanan perdagangan seperti Yahoo! Shopping, Yahoo! Autos, Yahoo! Real Estates, dan Yahoo! Travel, yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan informasi yang relevan dan melakukan transaksi komersial dan pembelian online. Selain itu, Yahoo juga menawarkan e-commerce platform yang disebut Yahoo Merchant Solutions (juga dikenal dengan Yahoo! Store). Yahoo! Auctions sendiri telah dihentikan pada tahun 2007, kecuali untuk bagian Asia.
6.      Usaha Kecil
Yahoo menyediakan layanan seperti Yahoo! Domain, Yahoo! Web Hosting, Yahoo! Merchant Solutions, Yahoo! Business Email, dan Yahoo! Store untuk pemilik usaha kecil dan profesional yang memungkinkan mereka untuk membangun sendiri toko online dengan perangkat yang dimiliki oleh Yahoo. Yahoo juga menawarkan HotJobs untuk membantu pencari tenaga kerja untuk menemukan tenaga kerja yang mereka cari.
7.      Link Bisnis / Periklanan
Yahoo! Search Marketing menyediakan layanan seperti Sponsored Search, Local Advertising, dan Product/Travel/Directory Submit untuk para pebisnis mengiklankan produk dan jasa mereka di jaringan Link Bisnis Yahoo!. Yahoo! Publisher Network merupakan sebuah alat link bisnis untuk penerbit online untuk menempatkan Link Bisnis yang relevan dengan konten mereka untuk membuat situs Web mereka.
Pada tanggal 5 Februari 2007, Yahoo meluncurkan sebuah sistem penjualan link bisnis di internet baru, yang disebut Panama. Hal ini memungkinkan pengiklan untuk menampilkan link bisnis mereka untuk istilah pencarian yang didasarkan pada popularitas mereka agar nantinya link bisnis mereka muncul di halaman hasil pencarian. Melalui Panama, Yahoo bermaksud untuk memberikan hasil yang pencarian yang relevan bagi pengguna, pengalaman yang lebih baik, serta peningkatan monetasi –untuk mendapatkan hasil yang lebih banyak dari tampilnya sebuah link bisnis. Pada tanggal 7 April 2008, Yahoo mengumumkan APT dari Yahoo!, yang awalnya bernama AMP. APT merupakan sebuah platform manajemen link bisnis online. Platform ini bertujuan untuk menyederhanakan penjualan link bisnis dengan menyatukan pembeli dan pasar penjual. Layanan ini diluncurkan pada bulan September 2008.
8.      Yahoo! Next
Yahoo! Next merupakan inkubasi dasar dari masa depan teknologi Yahoo yang mana kini sedang dalam tahap pengujian beta. Yahoo! Next berisi forum pengguna Yahoo di mana pengguna Yahoo dapat memberikan umpan balik untuk membantu pengembangan teknologi masa depan Yahoo. Yahoo! Next ini diciptakan oleh Jerry Page dan David Shin.
9.      Yahoo! BOSS
Yahoo! Search BOSS adalah layanan yang memungkinkan pengembang untuk membangun aplikasi pencarian berdasarkan teknologi pencarian Yahoo. Mitra awal dalam program ini adalah Hakia, Me.dium, Delver, Daylife, dan Yebol.
10.  Yahoo! Meme
Yahoo! Meme merupakan layanan sosial beta, mirip dengan jejaring sosial populer Twitter dan Jaiku.
11.  Yahoo! Koprol
Yahoo! Koprol merupakan jejaring sosial Indonesia berdasarkan lokasi seperti pada GPS tanpa adanya alat GPS.
12.  Yahoo ! Answer
Yahoo ! answer merupakan ajang tempat orang saling bertanya mengenai topik apa saja dan mendapatkan jawaban dengan cara berbagi fakta, pendapat dan pengalaman pribadi.


BAB III
DOGPILE
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjOhoELc4LX2dH0RPSvUoSOyaaY6L8BGuw-D6mQTYvACdIRUeE8FWT_WO9Fy6SciWkvvppR3uZzab1MHnJq6eXROvx-S1CiMhrfMf3F0K0WusSLoe_7Yf2Ub51b5ZzTdv8Z3j7cSIO4cGM/s320/dogpile.jpg
A.   PENGERTIAN DOGPILE
Dogpile adalah mesin metasearch yang mengambil hasil dari Google, Yahoo! , Bing , Ask.com,  About.com dan beberapa lainnya yang populer mesin pencari , termasuk dari penyedia konten audio dan video. Ini adalah merek dagang terdaftar dari InfoSpace , Inc.
B.   SEJARAH PERKEMBANGAN DOGPILE
Dogpile mulai beroperasi pada November 1996. Situs ini dibuat dan dikembangkan oleh Aaron Flin dan kemudian dijual ke Go2net (yang pada gilirannya diakuisisi oleh InfoSpace ).
Mesin pencari Dogpile meraih JD Power and Associates penghargaan untuk Layanan Search Engine terbaik Residential Online di kedua 2006  dan 2007. Dogpile mulai kampanye di tahun 2008 menggunakan dana dari lalu lintas situs untuk menaikkan US $ 1 juta untuk hewan yang membutuhkan.
 Pada bulan Juli 2010, Dogpile menduduki peringkat situs web yang paling populer 770 di AS, dan 2548 yang paling populer di dunia oleh Alexa. Quantcast diperkirakan 2,0 juta pengunjung unik AS sebulan, dan bersaing diperkirakan 1.953.280. 



BAB IV
ALTAVISTA
Description: http://media.viva.co.id/thumbs2/2013/07/03/212593_tampilan-halaman-depan-mesin-pencari-altavista--2010_663_382.jpg
A.   SEJARAH
AltaVista diciptakan oleh para peneliti di Digital Equipment Corporation 's Western Research Laboratory yang mencoba untuk memberikan layanan untuk membuat file penemuan tentang jaringan publik lebih mudah. Walaupun ada beberapa perselisihan tentang siapa yang bertanggung jawab atas ide asli,dua peserta kunci Louis Monier , yang menulis crawler , dan Michael Burrows , yang menulis pengindeks . Nama AltaVista dipilih dalam kaitannya dengan lingkungan perusahaan mereka di Palo Alto. AltaVista adalah publik diluncurkan sebagai mesin pencari internet pada tanggal 15 Desember 1995 di altavista.digital.com.
Saat peluncuran, layanan itu memiliki dua inovasi yang mengaturnya depan mesin pencari lainnya; Ini digunakan cepat, multi-threaded crawler (Scooter) yang dapat mencakup banyak halaman Web lebih dari yang diyakini ada pada saat itu dan berjalan efisien pencarian back-end pada hardware lanjut.Pada tahun 1998, digunakan 20 multi-prosesor mesin menggunakan-bit 64 DEC Alpha prosesor. Bersama-sama, mesin back-end memiliki 130 GB RAM dan 500 GB hard disk space, dan menerima 13 juta query per hari.Ini AltaVista membuat pertama dicari, full-text database dari sebagian besar dari World Wide web . Fitur yang membedakan AltaVista adalah antarmuka minimalis dibandingkan dengan mesin pencari lain waktu, sebuah fitur yang hilang ketika menjadi sebuah portal , namun kembali ketika upaya memfokuskan kembali pada fungsi pencarian.
AltaVista situs adalah sebuah kesuksesan. Lalu lintas terus meningkat dari 300.000 hits di hari pertama lebih dari 80 juta hits sehari dua tahun kemudian.Kemampuan untuk mencari web, dan itu layanan AltaVista khususnya, menjadi subyek berbagai artikel dan bahkan beberapa buku. AltaVista sendiri menjadi salah satu tujuan utama di web, dan pada tahun 1997 akan menghasilkan US $ 50 juta dalam sponsor pendapatan .
Pada tahun 1996, AltaVista menjadi penyedia eksklusif hasil pencarian untuk Yahoo! . Pada tahun 1998, Digital dijual ke Compaq dan pada tahun 1999, Compaq AltaVista diluncurkan kembali sebagai web portal , berharap untuk bersaing dengan Yahoo!. AltaVista ditinggalkan dan halaman pencarian efisien terfokus pada fitur seperti belanja dan gratis. Pada bulan Juni 1998, Compaq dibayar AltaVista Teknologi Incorporated ("ATI") $ 3,3 juta untuk yang nama domain altavista.com - Jack Marshall , salah seorang pendiri ATI, telah mendaftarkan nama pada tahun 1994.
Pada bulan Juni 1999, Compaq menjual saham mayoritas di AltaVista ke CMGI , sebuah perusahaan investasi internet. CMGI mengajukan penawaran umum perdana atas AltaVista berlangsung pada bulan April 2000, tetapi sebagai gelembung internet runtuh, IPO tersebut dibatalkan. Sementara itu, menjadi jelas bahwa strategi ini AltaVista portal tidak berhasil, dan layanan pencarian mulai kehilangan pangsa pasar, terutama untuk Google . Setelah serangkaian PHK dan perubahan manajemen, AltaVista secara bertahap gudang fitur portal dan kembali fokus pada pencarian. Pada tahun 2002, AltaVista telah meningkatkan kualitas dan kesegaran hasil dan didesain ulang antarmuka pengguna. Pada Februari 2003, Altavista dibeli oleh Overture Services, Inc Pada bulan Juli 2003, Overture sendiri diambil alih oleh Yahoo.
B.   LAYANAN GRATIS ALTAVISTA
AltaVista menyediakan layanan terjemahan bebas, bermerek Babel Fish , yang secara otomatis menerjemahkan teks antara beberapa bahasa.. Pada bulan Mei 2008, layanan ini kembali dicap sebagai bagian dari Yahoo!.
C.   ALTAVISTA SALAH SATU SEARCH ENGINE TERLAMA
AltaVista memiliki kehormatan menjadi salah satu mesin pencari tertua di Web, karena mulai perjalanan kembali (ini adalah waktu yang lama di tahun Internet) pada tahun 1995 dengan indeks pertama Web Internet. Just as a quick age comparison, Google started in 1998 , and Yahoo started out as an Internet guide in 1994. Sama seperti perbandingan usia cepat, Google dimulai pada tahun 1998 , dan Yahoo dimulai sebagai panduan internet pada tahun 1994.
Berikut adalah beberapa lain "pengalaman pertama" dan terkenal highlights dari AltaVista, langsung dari Tentang Kami halaman:
-          Memberikan Internet pertama indeks Web (1995)
-          Pertama kemampuan pencarian multibahasa di Internet
-          Pertama mesin pencari Internet untuk memulai Foto, Audio, dan kemampuan pencarian Video
-          Kebanyakan fitur pencarian lanjutan internet dan kemampuan: multimedia pencarian, terjemahan & pengakuan bahasa, dan pencarian khusus
-         Diberikan 61 pencarian terkait paten, lebih dari perusahaan pencarian internet lainnya
D.   ALTAVISTA PENCARIAN HOME PAGE
Halaman rumah AltaVista adalah sleekly elegan. Ada bar pencarian tepat di tengah, dengan berbagai pilihan pencarian tab, termasuk Foto, MP3/Audio, Berita, dan Video.Filter Pencarian tersedia langsung, Anda dapat memilih untuk membatasi pencarian Anda hanya untuk Amerika Serikat (default), atau Anda bisa pergi di seluruh dunia. Anda juga dapat memberikan hasil dalam semua bahasa (default), atau memilih untuk pergi dengan hasil hanya bahasa Inggris atau Spanyol.
E.   KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
1.      KELEBIHAN (+)
a.       keunggulan dalam hal pencarian halaman web, video, gambar, MP3, dan file audio lainnya. Dalam pencarian berita pun Altavista mampu mencari berita teraktual.
b.      Altavista mampu menetapkan berapa umur maksimal yang akan ditampilkan.


2.      KEKURANGAN (-)
Dalam hal pencarian data yang kurang bagus. Sering kali mesin pencari ini menampilkan hasil yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tema yang dicari.


BAB V
ASK
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhZq3QFyfgRt6Qm5xm7OVB6wseOgGXlnrBiFSpov0iIrb_9EPrmj2EySvoGraOtdCIK6t4V4dcUDmju1W136hqvfttFjhSbV5aPCsWYTzC0g6EaZHtnSSAHsu6plEYTwuswX8Cy6Jg1NrQ/s320/Ask.gif
A.   SEJARAH DAN PERKEMBANGAN ASK
Ask.com awalnya dikenal sebagai Ask Jeeves, dimana “Jeeves” adalah nama “gentleman pribadi pria ini”, atau pelayan, mengambil jawaban atas pertanyaan ditanyakan. Karakter didasarkan pada Jeeves, valet fiksi Bertie Wooster ini dari karya Wodehouse PG.
Ide asli di balik Ask Jeeves adalah untuk memungkinkan pengguna untuk mendapatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan dalam sehari-hari, bahasa alami, serta kata kunci pencarian tradisional. The Ask.com saat ini masih mendukung ini, dengan dukungan ditambahkan untuk pertanyaan matematika, kamus, dan konversi. Ask.com kantor pusat di Oakland, California.
Pada tahun 2005, perusahaan ini mengumumkan rencana untuk phase out Jeeves. Pada tanggal 27 Februari 2006, karakter menghilang dari Ask.com, dan dinyatakan akan “masuk untuk pensiun.” Edisi Inggris / Irlandia dari website, di uk.ask.com, jelas membawa karakter kembali pada tahun 2009.
InterActiveCorp memiliki berbagai situs termasuk negara-situs tertentu untuk Inggris, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, dan Spanyol bersama dengan Ask Kids, Teoma (sekarang ExpertRank ) dan beberapa orang lain. Pada 5 Juni 2007 Ask.com diluncurkan kembali dengan tampilan 3D.
Pada tanggal 16 Mei 2006, Tanyakan menerapkan “Teropong Preview Site” ke dalam hasil pencariannya. Pada halaman hasil pencarian, “Teropong” biarkan pencari menangkap menyelinap mengintip dari halaman mereka bisa mengunjungi dengan mouse-over screenshot mengaktifkan pop-up.
Pada bulan Desember 2007, Tanyakan merilis fitur AskEraser, yang memungkinkan pengguna untuk opt-out dari pelacakan permintaan pencarian dan IP dan nilai-nilai cookie. Mereka juga berjanji untuk menghapus data ini setelah 18 bulan jika pilihan AskEraser tidak diatur. HTTP cookies harus diaktifkan untuk AskEraser.
Pada 4 Juli 2008 InterActiveCorp mengumumkan akuisisi Lexico Publishing Group, yang memiliki Dictionary.com, Thesaurus.com, dan Reference.com.
Pada 26 Juli 2010, Ask.com merilis tertutup-beta Q & A layanan. Layanan ini dirilis ke publik pada 29 Juli 2010 . Ask.com meluncurkan ponsel Q & A app untuk iPhone pada akhir tahun 2010.
B.   PENGERTIAN ASK
Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri seajak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user. Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.
Pada Search Engine Ask.com ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan semua jenis search engine yang ada selama ini. Sistem kerja dari search engine ini adalah
1.     Dengan meng-copy atau melakukan penyimpanan terhadap setiap bentuk data – data yang dimiliki olah sebuah website.
2.    Hasil dari kopiannya tersebut lalu dimasukkan / disimpan dalam database yang terdapat pada search engine itu sendiri.
3.    Dari hasil penyimpanan database tersebut maka akan tercipta suatu bentuk kata – kata kunci yang gunanya nanti untuk menghubungkan dengan data-data yang ingin dicari.
4.    Sifat kerjanya adalah dengan mencocokkan kata – kata kunci tersebut dengan data – data yang terdapat pada databasenya tersebut.
5.    Setelah melakukan pencocokan kata – kata kunci dengan data – data yang tersimpan pada databse maka search engine tersebut akan segera menampilkan semua bentuk dari data – data yang kita cari yang sekiranya memiliki nama atau judul dengan kata – kata kunci yang kita masukkan.
6.    Selanjutnya adalah tugas kita untuk memilih data apa yang akan kita buka. Setelah kita memilih maka secara otomatis search engine akan segera menghubungkan kita dengan website yang datanya terdapat dalam database search engine dan yang kita sudah pilih tadi.
7.    Search engine selalu melakukan pembaharuan database dengan secara berkala melakukan “monitor” terhadap website – website yang ada di seluruh dunia maya ( internet )
8.    Hasil dari pembaharuan yang terjadi pada suatu website akan segera dicocokan dengan database search engine dan kemudian dilakukan penyimpanan jika ditemukan bentuk pembaharuan atau perubahan dari waktu yang sebelumnya.
9.    Pada search engine Ask ini sekarang memiliki versi terbaru yang kecepatannya 30% lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya.
C.   KELEBIHAN DAN KEKURANGAN ASK
1.      KELEBIHAN
a.   Keunggulannya adalah ia akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan
b.   Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo!
c.   Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
2.      KEKURANGAN
a.   Databasenya kecil
b.   Fitur kurang lengkap
c.   Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata
d.   Pencarian kata tidak ada filtering sehingga data yang tidak dicari semua diambil
e.   Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.


BAB VI
LIVE SEARCH
Description: http://i191.photobucket.com/albums/z193/udaramaya/searchfonts_5F00_thumb_5F00_58CA05A.png
A.   PERKEMBANGAN LIVE SEARCH
Windows Live Search Center ( juga sebelumnya disebut sebagai Windows Live Search , Kasino CODEC atau Oneview ) adalah sebuah program pencarian desktop pertama yang diusulkan dari Windows Live divisi Microsoft . Berdasarkan Windows Desktop Search platform Windows XP dan Windows Search ( Instant Search ) platform Windows Vista , Live Search direncanakan untuk memberikan terpadu lokal dan remote diindeks pencarian dari antarmuka yang seragam . Screenshot awal program terlihat bahwa itu menampilkan baru " bakat " desain antarmuka terlihat di Windows Live aplikasi client seperti Windows Live Messenger dan Windows Live Mail .
Windows Live Search Center bisa mencari layanan web yang menggunakan spesifikasi opensearch untuk menyediakan hasil pencarian sebagai umpan web Bisa pencarian agregat dari berbagai indeks termasuk indeks WDS , Windows RSS Landasan toko pakan umum , Microsoft Exchange dan Microsoft SharePoint indeks antara lain. Namun , pada bulan Desember 2006 , telah dilaporkan bahwa Windows Live Search Center akan namanya menjadi Windows Search 4 . Ini tidak akan menjadi bagian dari layanan Windows Live Microsoft , bukan digabung dengan platform pencarian desktop di Windows dan akan dirilis sebagai penerus itu . Dan pada tahun 2008, Windows Live Search diganti dengan Bing ( reinkanasi search egine generasi ke tiga ).


DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar